Sunday 11 November 2018

Sinopsis Heart Surgeons Episode 25

Seok Han mengatakan kalau operasi ini akan sulit. Tae Soo mengatakan kalau ia juga tahu. Seok Han mengatakan kita mulai operasinya. 


Dong Joon bicara berdua bersama dokter magang yang ternyata bernama Ye Rin. Ia meminta Ye Rin mengambil Torakoplastik sambil memberikan cemilan kacang. Prof Koo masuk, tiba-tiba Joong Do juga masuk. Ia meminta Prof Koo ikut dengannya. 

Di luar Joong Do memberitahu alasan Prof Koo dan Seok Han bertemu Min Sik. Dia memintanya mengoperasi ajudannya yang sudah berbakti selama 30 tahun. Prof Koo sadar kalau pasien itu sedang dioperasi oleh Seok Han. 


Di ruang operasi Joong Do, Prof Koo dan Dong Joon juga masuk ke ruang atas untuk melihat operasi itu. Dong Joon mengatakan kepada Soo Yeon kalau ia tahu Soo Yeon menentang operasi ini. Namun ia memahami Seok Han. Wajar jika seorang ahli bedah ingin mencobanya, jarang mendapatkan kasus sarkoma. Soo Yeon mempertanyakan kamu juga melihat pasien sebagai kasus. Dong Joon mengatakan kalau itu bukan sepenuhnya hal buruk. Bukankah ahli bedah harus menangani lebih banyak kasus untuk berkembang. Kamu harus mengoperasi sebanyak mungkin untuk berkembang. Soo Yeon mengatakan kalau masalahnya subyek kita adalah manusia. Ia merasa seharusnya tidak ada motif lain untuk mengoperasi. 


Prof Koo menjelaskan kalau dia sedang mengangkat jantungnya. Seok Han mengangkat jantungnya. Dong Joon mengatakan kepada Soo Yeon beberapa waktu lalu Seok Han ke ruang istirahat. Ia tidak pernah melihatnya seperti itu. Ia merasa saat itulah dia meminta Tae Soo untuk membantunya. Soo Yeon ingat saat ia meminta Tae Soo mencegahnya, Tae Soo mengatakan ia ingin melihat sendiri alasan Seok Han melakukan operasi ini. Seok Han selesai mengoperasi dan memasukkan katupnya lagi. Mereka memasangkan jantung itu kembali. 

Setelah jantung selesai dipasangkan tiba-tiba terjadi fibrilasi ventrikel. Mereka melakukan kejut jantung. Seok Han memijat jantung pasien, namun tetap tidak kembali. Tae Soo menggantikan Seok Han memijat jantung pasien. Seok Han menatap Hyun Il, Hyun Il tersenyum. Seok Han keluar untuk menemui wali pasien. 


Di luar Dong Joon mengatakan kalau pasien Seok Han meninggal di meja operasi. Operasi itu sulit bagaimana pasien bisa meninggal dalam operasi. Soo Yeon mengatakan percuma membawa pasien ke ICU hanya untuk menghindari kematian di meja operasinya. Ia merasa kalau keputusan Seok Han tepat, hanya saja. Flashback, Soo Yeon saat itu ia melihat Hyun Il tersenyum. Dong Joon mempertanyakan hanya saja apa. Soo Yeon mengatakan tidak.

Tae Soo menghampiri Seok Han. ia mempertanyakan kalau Seok Han tahu pasien akan meninggal. Seok Han mengatakan kalau ia tidak memahami Tae Soo. Tidak ada dokter yang mengoperasi dengan harapan pasien meninggal. Tae Soo mengatakan kalau ia yakin Seok Han tidak ingin mengoperasi, adakah alasan lain. Seok Han mengatakan kalau ia membutuhkan pasien itu, pasien itu membutuhkanku itulah alasanku. 

Seok Han kembali ke ruangannya, ternyata ada Hyun Il. Seok Han mengatakan kalau ia akan menjelaskannya kepada Min Sik. Hyun Il mengatakan tidak, ia akan mengurusnya. Ia meminta Seok Han bersiap untuk mananam VAD dalam tubuh Min Sik. Soo Yeon datang, Hyun Il hanya menatap Soo Yeon lalu pergi. 

Soo Yeon mempertanyakan apa Hyun Il yang meminta agar mengoperasi, Seok Han mengiyakan. Soo Yeon mempertanyakan apa untuk menyelamatkan pasien. Apa niat Anda saat mengoperasi. Seok Han mengatakan kalau ia ingin menyelamatkan dia, sungguh. Soo Yeon mengatakan kenapa Hyun Il tersenyum saat jantung tidak berdenyut lagi. 


Soo Yeon kembali ke ruangan, ia melihat Ji Na. Soo Yeon mempertanyakan kenapa Ji Na selalu membuat artikel di sini. Ji Na mengatakan kalau kantor departemen mereka terlalu ramai. Soo Yeon mengatakan kalau Joong Do akan menjadi pengarang utama saat diterbitkan, kamu hanya pengarang tambahan. Biasanya kamu tidak suka jika hakmu dirampas. Ji Na mengatakan ia bisa apa, haruskah ia melawan. Lantas bisakah ia tetap di Taesan. Soo Yeon mengatakan ia akan melawan jika menjadi kamu. Ji Na mengatakan kalau ia bukan keponakan direktur. Soo Yeon mengatakan kamu tidak tahu aku melawan siapa. Jin Na mempertanyakan apa, Soo Yeon mengatakan tidak. 

Ji Na mengatakan kepada So Yeon kalau diterbitkan dengan nama Joong Do, orang-orang setidaknya membaca. Siapa yang akan membacanya jika dengan namaku. Ia harus berpikir positif. Soo Yeon mengatakan kalau Ji Na sudah dewasa. Ji Na mengatakan begitulah kita, ini kenyataan. Ia mempertanyakan tentang pasien yang meninggal di meja operasi. Ia juga mendengar kalau Seok Han yang mengoperasi, Soo Yeon mengiyakan. Ji Na mengatakan bahkan direktur datang untuk melihat. Pasti Seok Han kesulitan karena operasinya berakhir buruk. Soo Yeon mengatakan kalau ia tidak yakin. 


Hyun Il menemui Min Sik. Min Sik mempertanyakan jadi dia tidak selamat. Hyun Il mengatakan kalau itu operasi yang sangat berbahaya, tidak akan ada yang curiga. Min Sik mengatakan kalau dia bersamanya selama 30 tahun, dia sudah seperti keluarga. Ia meminta agar dimakamkan dengan layak. Hyun Il mengatakan kalau VAD harus ditanam sekarang di Taesan. Min Sik menyetujuinya.


Tae Soo mengamati vidio operasi itu. Seok Han datang, ia mempertanyakan apa ada masalah dengan operasinya. Tae Soo mengatakan tidak ada. Namun ia merasa itulah masalahnya karena tidak ada yang mencurigai Seok Han. Seok Han mengatakan jika kamu mencurigaiku, teruslah mencari. Buktikan jika memang ada sesuatu. Seok Han pergi meninggalkan Tae Soo. 

Min Sik dalam perjalanan ke rs Taesan. Bawahannya mengatakan kalau para reporter mengira Min Sik pergi untuk masalah pribadi. Min Sik mengatakan agar katakan ia keluar kota. 


Tae Soo dan Soo Yeon melihat artikel. ia mengatakan kalau pasien sarkoma adalah ajudan Min Sik. Soo Yeon mengatakan kalau inilah sebabnya kita menerima operasi berisiko. Tae Soo menambahkan kemungkinan kematiannya amat tinggi, Seok Han sudah menduganya artinya operasi ini. Soo Yeon menjawab pasien memang akan meninggal saat operasi. Tae Soo berkomentar kenapa Seok Han berbuat sejauh itu. Soo Yeon mengatakan dia mungkin bersepakat dengan Hyun Il. Ia menambahkan kalau Seok Han ingin membangun pusat kardiologi pediatri. Dia berpikir itulah langkah pertama dalam mengubah Taesan. Tae Soo mengatakan kalau ini mungkin karena Yoo Bin. Ia mempertanyakan seberapa jauh Seok Han akan bertindak. 


Ye Rin meminta persetujuan operasi kepada pasien. Namun pasien membaca kartu pegawai dan mengatakan kalau Ya Rin hanya dokter magang. Ia meminta agar dipanggilkan dokter. Ye Rin melaporkan itu kepada dr. Moon, ternyata itu pasien Dong Joon. 


Mereka kembali menemui pasien tersebut. Lalu dr. Moon membenarkan kalau ia residen tahun keempat. Pasien mempertanyakan jika ia menandatangani operasi, dokter yang mengoperasi harus menjelaskannya. dr. Moon mengatakan kalau tugas kami adalah menjelaskan operasi. Pasien mengatakan kalau ia mau mendengarnya dari dokter yang akan mengoperasi. dr. Moon mengatakan kalau kami adalah dokter. Jika penjelasannya tidak memadai atau ada pertanyaan lain, ia akan memanggil Dong Joon. Pasien mempertanyakan jika ia adalah ibumu, apa kamu akan mengizinkan Dong Joon mengoperasinya, ia meminta jujur. 


Ye Rin dan dr. Moon berpapasan dengan Soo Yeon. dr. Moon meminta agar bicara sebentar dengan Soo Yeon. Di ruangan Soo Yeon mempertanyakan jadi apa yang kamu katakan. dr. Moon mengatakan kalau ia bicara jujur. Ia kan mengizinkan Dong Joon mengoperasi dia. Soo Yeon mengatakan pasti sulit dijawab, kamu melakukannya dengan baik. Ye Rin mengatakan kalau ia akan meminta dokter lain atau membawanya ke rs lain. Jika itu keluarganya, ia kan meminta dokter terkenal. Soo Yeon mengatakan kalau ia mengerti. Namun apa yang terjadi jika semua orang melakukannya. Bagaimana jika dokter terkenal itu pensiun. Kita tidak bisa bilang dokter muda harus mengoperasi demi pengalaman, itu dilema. 


Dong Joon tiba-tiba datang, ia mempertanyakan sedang apa kalian. Soo Yeon mengatakan kalau Dong Joon pasti senang. dr. Moon meminta agar melakukan operasi cabbage dengan baik hari ini. Dong Joon mengatakan kalau pasien itu sangat rewel bukan. Ia akan mengusahakan yang terbaik seperti mengoperasi ibuku sendiri. Lalu dr. Moon mengatakan kalau ia akan berusaha membantu Dong Joon. Ye Rin mengatakan kalau ia akan membantu juga. Dong Joon mengatakan kalau ia akan mengambil hadiah di mobil.

Di parkiran ia melihat ayahnya dan lainnya menjemput seseorang. Ia mempertanyakan siapa dia. Seok Han yang mendapat kabar dari Hyun Il segera bergegas.

No comments:

Post a Comment